Halaman

Kamis, 03 April 2014

Way Back Home [Korean Movie]


Judul: Way Back Home
Sutradara: Bang Eun Jin
Penulis: Yoon Jin Ho
Sinematografi: Lee Mo Gae
Genre: Family, Sad Story
Durasi: 107 Menit
Rilis: 11 Desember 2013
Distributor: CJ Entertainment



Note: Aktor Ha Jung Woo adalah pemeran utama dari film ini, tapi karena penundaan jadwal syuting, Ha Jung Woo memutuskan untuk keluar dari perannya karena jadwal yang bertabrakan.

Cast:

Jeon Do Hyun - Sung Jung Yeon
Go Soo - Im Jong Bae
Kang Ji Woo - Hye Rin

Way Back Home menceritakan seorang wanita atau ibu yang di tahan kepolisian perancis dan di kurung di penjara caribean karena di duga membawa obat terlarang Kokain di bandara perancis.

Cerita di mulai ketika keluarga Im Jong Bae (Go Soo) adalah keluarga yang sederhana dan hidup pas pasan. Suatu malam Im Jong Bae dan teman teman nya mengadakan pesta/makan malam bersama. Im Jong Bae menginvestasikan uangnya kepada temanya agar dapat berlipat ganda.

Beberapa hari kemudian, salah satu teman Im Jong Bae datang ke rumah Im Jong Bae, di sana ia bertemu dengan Sung Jung Yeon (Jeon Do Hyun) istri dari Im Jong Bae. Jung Yeon memberikan makan kepada teman suaminya tersebut. Malamnya, teman Suaminya tersebut di temukan gantung diri di sebuah pohon dan di temukan sebiah surat yang isi nya permintaan maaf kepada keluarga Im Jong Bae bahwa uang mereka telah lenyap.

Cerita kemudian berlanjut keluarga Im Jong Bae terpaksa harus pindah ke rumah kontrakan yang kumuh dan hidup miskin. Bahkan anak mereka Hye Rin (Kang Ji Woo) harus berhenti sekolah. Karena keputusasaan, Jung Yeon pergi ke perancis bekerja pada seseorang untuk mengantarkan barang.

Jung Yeon tak tau apa barang yang di antarkannya, tapi seseorang yang menugaskannya memberi tahu pada Jung Yeon untuk berhati hati membawa barang tersebut. Jung Yeon pun merasa gugup.

Saat di badara Jung Yeon di periksa pihak keamanan bandara perancis dan di kopernya di temukan beberapa kilogram Kokain. Jung Yeon mengatakan bahwa ia tak tau ada barang seperti itu di kopernya. Dia hanya di tugaskan untuk membawa barang tersebut. Tapi karena ada bukti, dan kendala bahasa Jung Yeon harus di tahan dan di masukkan ke penjara di perancis.

Saat di penjara Jung Yeon mengalami penyiksaan, baik secara fisik, mental, bahkan pelecehan seksual. Jung Yeon di perlakukan tidak baik oleh petugas dan para napi. Tapi untungnya ada seseorang satu kamar sel dengan Jung Yeon yang mulai membuka hati dan berteman baik dengan jung yeon.

Pada kesempatan kemudian, seseorang dari perwakilan kedutaan korea selatan datang melihat keadaan Jung Yeon, tapi bukannya membantu jung yeon mereka malah lepas tangan akan kasus nya jung yeon. Karena menurut mereka jung yeon memang benar-benar terbukti bersalah. Perwakilan tersebut hanya memberikan nasehat dan beberapa perlengkapan mandi. Jung Yeon semakin frustasi, bahkan ia tak bisa berbicara Di telpon dengan anaknya. Jung Yeon hanya bisa bertukar pesan melalui suaminya lewat surat pos dari perancis ke korea selatan. Bahkan pesan tersebut hanya bisa sampai tujuan paling cepat 3 bulan.

Setelah menerima surat Jung Yeon dari penjara, jong bae mengusahakan yang terbaik dan sekeras usahanya untuk membantu istrinya untuk bebas. Mencari uang, menemui pihak pemerintah. Tapi semua usaha nya hanya sia sia. Jong bae kemudia mengirimkan beberapa foto anak nya, pakian dalam jung yeon ke perancis. Tapi kepala wanita petugas mengambil semua pakaian dalam Jung Yeon. Jung yeon masih bersyukur bisa melihat foto anak nya.

2 tahun berlalu, Jung Yeon masih belum mendapatkan keadilan bahkan persidangan. Anaknya Hye Rin bahkan di titipkan ke saudara JongBae. Tapi kabar baik tiba-tiba muncul, Jung Yeon akan segera di bebaskan dan akan di kirim ke penjara di korea selatan.

Tapi nasib buruk kembali menimpa Jungyeon, berkas pembebasan Jungyeon tertumpah minuman kopi oleh staff kedutaan korea selatan dan berkas tersebut di acuhkan, dan bahkan di buang. Jung Yeon pasrah akan hidupnya. Im Jong Bae semakin frustasi dengan keadaan istri nya di penjara.

Jung Yeon kemudian akan di pindahkan ke rumah tahanan bersyarat. Dia bisa hidup bebas tapi di tetap diawaso oleh pihak keamanan. Saat hendak di pindahkan, Jung Yeon di perkosa oleh kepala petugas keamanan yang seorang perempuan. Tapi untungnya ada seseorang yang lewat dan menghampiri, saat itulah Jung Yeon berlari membebaskan diri dan berlari ke pinggir pantai. Tap Jung Yeon tetap di tahan.

Jung Yeon kemudian di pindahkan. Im Jong Bae semakin frustasi dan menyerah bahkan kedutuaan korea selatan tetap lepas tangan. Tapi kemudian Im jong bae bertemu dengan seorang produser suatu acara dokumenter televisi KBC yang di kenalkan teman Im Jong Bae. Berkat bantuan produser ini, Im Jong Bae kembali menemukan sebuah harapan untuk bisa membebaskan istrinya.

Staf KBC dan Im Jong Bae pun terbang ke Caribean untuk menemui Jung Yeon. Saat pertama kalinya bertemu selama 3 tahun, Jong Bae memeluk istrinya sambil menangis melihat keadaan naas istrinya. Staf KBC pun menyiarkan keadaan Jung Yeon di TV dan banyak orang yang berempati. Tapi masalah bukan begitu saja selesai. Jung yeon tetap mengalami kesulitan untuk bebas.

Singkat cerita, seorang teman baik Jong Bae memberitahu jong bae untuk membuat sebuah berita di Internet agar banyak orang tahu akan keadaannya. Jong Bae dengan perasaan hancur dan berlinang air mata lalu menuliskan sebuah pesan di internet dan menceritakan keadaan keluarganya. Seketika langsung berita tersebut jadi bahan topik panas di internet, banyak orang yang membantu dan menyebar luaskan pesan tersebut. Keadaan langsung berbalik 180°…

Jung Yeon kemudian akhirnya mendapatkan keadilan. Dia akhirnya di sidangkan. Ia akhirnya bertemu seseorang di caribean yang ingin membantunya. Bahkan ada pengacara terkenal yang rela membantunya tanpa bayaran. Dan bahkan ada seseorang dari pengacara pihak keduataan korea selatan yang datang juga. Akibatnya dari peristiwa ini, salah satu petinggi keduataan korea selatan  di pecat.

So, bagaimana keadaan Jung Yeon selanjutnya setelah ia akhirnya di sidang? Akankah ia bebas? Atau kembali mendapatkan ketidak adilan.

Film ini benar-benar membuat penonton sedih. Perjalanan hidup yang melo. Perjuangan suami yang keras untuk membebaskan istrinya. Bahkan Jung Yeon mengakui kalau dia memang salah. Salah satu scene yang sedih ketika surat terakhir jung yeon untuk jong bae, ia mengatakan untuk menyerah. Bahkan anak nya Hye Rin tak ingat lagi dengan Jung Yeon.

"Mr.R memberikan nilai 80/100 untuk film ini. Film yang sangat baik untuk sekelas genre sad story & family."

Wrtr: Mr.R
Team @K_DramaIndo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar