Halaman

Sabtu, 28 Januari 2012

Wedding Dress [Korean Movie]



Judul : Wedding Dress (웨딩드레스)
Sutradara: Hyeong-jin Kwon
Tanggal Rilis: 14 Januari 2009
Genre: Drama Keluarga
Produksi: Road Pictures
Distribusi: Sidus HQ

Pemain

Song Yoon Ah sebagai Seo Go-Eun (Ibu So Ra)
Kim Hyang Ki sebagai Jang So-ra
Lee Ki Woo sebagai Ji Hoon
Jeon Mi Seon sebagai Ji Hye

Memberdeul, ini salah satu k-movie yang wajib kalian tonton. Film bertema keluarga ini benar-benar menyentuh dan memiliki makna yang mendalam. Dijamin film ini akan menguras airmata, Memberdeul. Maka jangan lupa siapkan tisu ketika kalian menonton film ini.

Film ini berkisah tentang seorang single mom, Seo Go-Eun (Song Yoon Ah) yang berprofesi sebagai desainer gaun pengantin. Go Eun yang sebelumnya terlalu sibuk dengan profesinya hingga hampir mengabaikan putri semata wayangnya, Jang So Ra (Kim Hyang Ki), bertekad menghabiskan waktunya yang tersisa bersama So Ra. Hal ini dilakukan Go Eun usai mendapat vonis bahwa dirinya menderita penyakit kanker lambung. Go Eun memilih untuk tidak memberitahu siapapun tentang penyakitnya ini. Selama sisa waktu hidupnya, ia memutuskan membuatkan So Ra sebuah gaun pengantin untuk dikenakan So Ra ketika ia menikah nanti.

So Ra sendiri merupakan anak mandiri yang lebih suka sendiri dan cenderung individualis. Sifatnya ini merupakan akumulasi kurangnya perhatian Go Eun sebagai ibu kepada So Ra. So Ra terbiasa melakukan segala hal sendiri. Individualitas inilah yang menyebabkan So Ra tidak memiliki teman di sekolah.Teman baiknya Gina, justru berbalik menjadi musuhnya hanya karena Gina tak sengaja meminum minuman So Ra. So Ra berkata kasar dengan menyebut Gina menjijikan, maka sejak saat itu, Gina pun memperlakukan So Ra kasar. Hal ini pula yang menyebabkan So Ra keluar dari ekskul balet, padahal Go Eun menginginkan So Ra mengikuti kelas balet. Ia justru membantu Ji Hoon (Lee Ki Woo), seorang guru beladiri korea yang polos. Setiap kali jadwal kelas balet, So Ra selalu berada di kelas Ji Hoon dan berbohong kepada Go Eun dengan mengatakan ia ada di kelas balet.

Sementara itu, Go Eun pun berusaha mendekati So Ra. Go Eun mengajak So Ra melakukan kegiatan berdua yang jarang mereka lakukan bersama, seperti piknik, mandi bersama, dan lainnya. So Ra merasa aneh dengan kelakuan ibunya yang memperlakukannya berbeda. Ia yang sudah terbiasa sendiri, justru tidak menyukai yang dilakukan ibunya. Sikap So Ra yang individualis baru diketahui oleh Go Eun ketika Go Eun dipanggil ke sekolah karena So Ra bertengkar hebat dengan Gina.

Go Eun berusaha menasehati So Ra agar berbaik hati dengan teman-temannya. Akan tetapi, So Ra justru mengatakan hal yang membuat Go Eun kaget. So Ra berkata bahwa ia sudah terbiasa hidup sendiri dan mengurus dirinya sendiri, maka ia yakin ia bisa hidup sendiri meski tanpa siapa-siapa. Hal ini membuat Go Eun sedih dan merasa bersalah, ia pun bertekad untuk membantu So Ra menjadi seperti anak-anak pada umumnya. Di tengah usaha Go Eun mengubah So Ra, So Ra merasa curiga dengan Go Eun yang sering mengalami muntah. Hingga akhirnya sepulang dari piknik, Go Eun pingsan dan dibawa ke RS oleh kakak laki-lakinya. Di situlah So Ra semakin curiga bahwa ibunya sedang sekarat. Ia pun memberanikan diri berbicara dengan bibinya yang merupakan istri dari pamannya. Meski bibinya masih menutupi penyakit Go Eun, So Ra tahu ibunya sedang menghadapi penyakit ganas. Ia pun meminta agar bibinya tidak mengatakan bahwa So Ra sudah mengetahui penyakit ibunya. So Ra pun berpura-pura seperti tidak terjadi apa-apa di hadapan ibunya.

So Ra mulai berubah dan menerima semua sikap baik Go Eun. Ia pun menanyakan apa saja keinginan Go Eun terhadapnya. Go Eun yang tidak tahu bahwa So Ra sudah mengetahui penyakitnya, hanya meminta dua hal kepada Sora: ingin melihat So Ra tampil di panggung menari balet serta So Ra memiliki banyak teman. So Ra pun berusaha sekuat tenaga mewujudkan keinginan terakhir ibunya. Ia yang banyak tertinggal di kelas balet terus berusaha untuk tampil di recital balet yang tak lama lagi akan dipentaskan. Namun guru baletnya menolak dengan alasan So Ra sudah tertinggal jauh. So Ra putus asa, namun Ji Hoon-lah yang membantu So Ra hingga akhirnya So Ra diperbolehkan mengikuti resital. Keadaan Go Eun pun semakin lemah yang menyebabkannya harus menjalani rawat inap.

So Ra rajin mengunjunginya. So Ra pun berusaha untuk meminta maaf kepada Gina dan membawa Gina beserta teman sekelasnya menjenguk Go Eun di RS. Go Eun merasa bangga terhadap So Ra yang berhasil berteman. Hari recital pun semakin dekat, namun semakin lemahnya Go Eun, menyebabkan penglihatannya semakin buram, So Ra pun mengetahui hal ini. Ketika So Ra tampil di atas pentas, Go Eun agak kesulitan melihat So Ra karena penglihatannya yang kabur, So Ra pun mengerti dan terus tersenyum sepanjang resital agar Go Eun mengenali bahwa senyum itu hanya milik So Ra. (Hapus airmata. Hiks)

Hingga suatu malam, So Ra memilih tidur di pelukan Go Eun di RS. Sebelum tidur, So Ra menyetel program di salah satu stasiun radio dan meinta Go Eun mendengarkan program tersebut. So Ra mengirimkan kartu pos ke stasiun radio tersebut khusus untuk acara tersebut. Isi kartu pos tersebut mengungkapkan perasaan sayang So Ra terhadap Go Eun. Go Eun terhenyak ketika kartu pos putrinya dibacakan. Ia terharu.

Maka inilah scene-scene pamungkas yang akan menguras airmata Memberdeul. Keesokan paginya So Ra terbangun dari pelukan ibunya. Ia mengajak ibunya berbicara, namun Go Eun tidak memberikan respon. So Ra paham bahwa sebenarnya Go Eun sudah ‘tidak ada’, namun ia bersikap seolah ibunya masih ada. Ia pun meminta Go Eun beristirahat, semantara ia akan keluar sebentar. Sesampainya di depan pintu, ada beberapa dokter yang akan melakukan check up terhadap Go Eun. So Ra justru melarang para dokter itu masuk menemui Go Eun dengan alasan ibunya tersebut kelelahan akibat bermain dengannya semalaman. Ia terus bersikeras menghalangi para dokter itu masuk hingga akhirnya dokter pribadi ibunya menggendong So Ra menjauhi pintu agar memberi jalan pada dokter lain untuk memeriksa Go Eun, So Ra pun menangis tersedu-sedu memanggil ibunya. Lalu, bagaimanakah nasib So Ra ke depan? Akankah ia menggunakan gaun pengantin yang dirancang Go Eun untuknya?

Nah, Memberdeul, wajib menontonnya sendiri. Akting Kim Hyang Ki (So Ra) patut diacungi empat jempol. Hyang Ki mampu memerankan gadis kecil yang individualis sekaligus manis, namun ia mahir menguras airmata kita sebagai penonton pada scene-scene penutup film ini. Song Yoon Ah, masih tetap luar biasa. Dan bagi fans Lee Ki Woo, akan menemukan akting Lee Ki Woo yang sama lucunya dengan ketika ia memerankan Choi Kang Hyuk (Flower Boy Ramyun Shop). Ini merupakan proyek film Lee Ki Woo sebelum mengikuti wajib militer pada 2009 lalu. Untuk bocoran, ada Goo Hye Sun (Boys Before Flower) menjadi cameo di sini lho. 

Well, Memberdeul, jangan sampai melewatkan film yang satu ini. Film ini patut masuk dalam must-watching-list Memberdeul. Admin memberikan nilai 95 untuk Movie Wedding Dress. ~ Happy Watching!^^ ~ [LA]

Credit: Lulu Nam (@MrsLuluNam)
Editor: Admin Reivo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar