Halaman

Selasa, 28 Februari 2012

Venus and Mars [Korean Movie]



Judul: 싸움 (Ssaum) / Venus And Mars
Genre: Romance Comedy
Sutradara: Han Ji-seung
Produser: Kang Woo-suk, An Sang-hoon
Penulis Skenario: Han Ji-seung

Sinematografi: Kim Jae-ho
Distributor: Cinema Service
Rilis: 12 December 2007
Durasi: 102 Menit


Pemeran Utama

Sol Kyung-gu sebagai Kim Sang-min
Kim Tae-hee sebagai Yoon Jin-ah



Pemeran Pendukung

Seo Tae-hwa sebagai Tae-hwa
Jeon Soo-kyeong sebagai Hyang-mi
Kang Hye-ryeon sebagai Jin-sook
Kim Tae-wan sebagai In-cheol
Im Ha-ryong (cameo)



Kim Sang Min (Sol Kyung Gu) adalah seorang laki - laki yang mempunyai sifat Bipolar. sulit untuk meminta maaf. dirinya adalah seorang Prof. di salah satu universitas. sangat menyukai memelihara Kumbang.


Yoon Jin Ah (Kim Tae Hee) adalah seorang perempuan yang mempunyai sifat ego yang tinggi. dan sering bertindak berlebihan untuk menyiksa mantan suaminya Sang Min seakan akan ingin membunuhnya. Jin Ah sendiri bekerja sebagai pengrajin kaca.


Kalau ada pasangan paling aneh dan ekstrim sepanjang sejarah film Korea mungkin Jin Ah dan Sang Min inilah yang dimaksud. Yang satunya super egosentris dengan kelainan jiwa bipolar termasuk gangguan obsesif kompulsif, yang satunya lagi dengan instabilitas mood dan keinginan untuk selalu diperhatikan. Meski saling menyadari kalau mereka berada di ‘alam’ yang berbeda, meski dari sejak pacaran mereka sering ribut dan putus-sambung, tapi benang cinta yang telah mereka jalin akhirnya mengantarkan keduanya ke jenjang pernikahan. Apadaya, jarak emosi yang terlalu lebar membuat keduanya harus berpisah di tahun ketiga usia pernikahan mereka. Dengan peraturan yang sederhana “Semua asset dibagi dua”.


Awal Cerita dimylai saat Sang Min dan Jin Ah yang telah berpacaran sekian lama harus putus  karena suatu masalah yang tidak terselesaikan, Jin Ah menganggap Sang Min telah bertindak salah dan tidak mau minta maaf. mereka lalu memutuskan untuk berpisah. karena mereka saling mencintai, mereka berdua lalu berlari mencari satu sama lain untuk menyatakan permintaan maaf. alhasil mereka kembali menjalin hubungan dan memutuskan untuk menjadi suami istri. beberapa tahun kemudian, ternyata pernikahan ini tidak berjalan dengan baik, Sang Min tetap saja tidak merubah sifat nya dan tidak mau minta maaf. sampai akhirnya mereka harus benar-benar berpisah dan bercerai.


Sang Min menyadari ada sesuatu yang hilang di dirinya, sesuatu yang membuatnya sangat terganggu bahkan tidak enak tidur. Dan ketika Sang Min menyadari kalau sesuatu itu adalah pendulum jam yang dibelinya di Eropa, Sang Min pun lantas terobsesi untuk mendapatkan barang itu kembali yang notabene telah berada di tangan Jin Ah atas dasar perjanjian mereka waktu berceraii. Berbagai cara pun dilakukan Sang Min untuk mendapatkan pendulum itu kembali. Dari mulai cara baik-baik dengan berbicara empat mata, tapi tetap Jin Ah berpura pura tidak tahu kalau Pendulum itu ada di mana, karena kesal Sang Min memutuskan pulang, tapi saat menuju ke parkiran mobil ternyata mobil Jin Ah menabrak Mobil Sang Min. mobil Sang Min pun rusak berat. Sang Min lalu mengadukan kasus ini ke kantor polisi dengan tuduhan tabrak lari.


Akal Sang Min tidak hanya sampai di sana untuk mencari pendulumnya, ia masuk ke dalam rumah Jin Ah tanpa permisi. Apadaya dua ekor herder peliharaan Jin Ah menyambut kedatangannya dengan hangat.


Jin Ah yang masih memendam luka atas perceraiannya tentu saja sangat bergirang hati ketika mengetahui mantan suaminya itu tidak dapat hidup tenang tanpa pendulum yang dimaksud. Jin Ah menolak memberikan pendulum itu pada Sang Min, alhasil Sang Min yang selalu merecokinya pun berhasil membuyarkan konsentrasi Jin Ah. Kelakuan Sang Min yang sedikit urakan malah membuat Jin Ah harus meninggalkan pekerjaannya. Terutama ketika Jin Ah mendapat kabar kalau Sang Min mengalami kecelakaan di jalan raya. Jin Ah pun tanpa pikir panjang langsung menelusuri setiap rumah sakit demi menemui Sang Min. Padahal saat itu Jin Ah akan melakukan penjualan produknya di stasiun TV secara live, tapi karena mencemaskan Sang Min yang mengaku kecelakaan dia pun pergi mencari Sang Min. dan ternyata Sang Min hanya mempermaikannya, Kemaraha Jin Ah kembali mencari Sang Min, Jin Ah dengan sengaja menabrakan Mobilnya dengan Mobil Sang Min, Mobil Sang Min yang terdorong lalu menabrak Kereta Api, untungnya Sang Min hanya cedera dan tidak meninggal.


Keberangan Jin Ah kepada Sang Min mencapai puncak. Segala yang dikerjakannya selalu berakhir dengan kekacauan dan kegagalan sejak Sang Min kembali menyentuh hidupanya. Jin Ah dan Sang Min yang sama-sama merasa dikacaukan satu sama lain pun bertekad untuk menghabisi lawannya masing-masing.


Endingnya sangat mengharukan. Meski tidak dibuat sedemikian ‘klasik’ tapi inti dari film ini sepertinya ingin menyampaikan pesan khusus pada penontonnya. Cinta tidak bisa berkompromi. Untuk bersatu di bawah satu atap yang namanya pernikahan, modal cinta saja tidak akan cukup. Sebesar apapun cinta itu, ada banyak aspek yang harus diperhatikan kedua pasangan termasuk komunikasi dan pemahaman akan sifat, kebiasaan dan tabiat pasangan masing-masing baik yang positif maupun negatif. Kompromi terhadap hal ini, peng-aminan sejenak hanya akan berhasil kekacauan dan keretakan di atap pernikahan itu sendiri seperti yang dialami oleh Jin Ah dan Sang Min.


Well, Admin memberikan nilai 75 untuk movie Venus and Mars. ~ Happy Watching ~ [R]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar