Halaman

Rabu, 29 Februari 2012

Harmony [Korean Movie]



Judul: 하모니 / Hamoni / Harmony
Genre: Family Music
Sutradara: Kang Dae Kyu
Penulis Skenario: Lee Seung Yeon, Yun Je Gyun
Produser: Kim Nam-Su, Yun Je-Gyun, Jae-Won Jeong
Sinematografi: Kim Yeong-Ho
Rilis: 28 Januari 2010
Durasi: 115 Menit
Distributor: CJ Entertainment
Pemeran Utama

Kim Yun Jin sebagai Hong Jeong Hye
Na Moon Hee sebagai Kim Moon Ok
Kang Hye Won sebagai Kang Yu Mi
Jung Soo Young sebagai Ji Hwa Ja
Park Jun Myeon sebagai Kang Yeon Sil
Lee Da Hee sebagai Kong Na Yeong

Pemeran Pendukung

Lee Tae Kyoung sebagai Min Woo kecil
Jang Yeong Nam sebagai Bang Kwang Jang
Cha JIn Hyeok sebagai Hyeon Wook
Kim Jae Hwa sebagai Kwon Dal Nyeo
Ji Sung Won sebagai Hyeon Joo

Hong Jeong Hye (Kim Yun Jin) masuk penjara di saat hamil tua karena atas tuduhan pembunuhan terhadap suaminya. dirinya tidak sengaja membunuh suaminya karena untuk melindungi diri dari suaminya yang sering melakukan tindakan kekerasan padanya.

Kim Moon Ok (Na Moon Hee) masuk penjara di saat masih muda atas tuduhan membunuh suami karena telah berselingkuh. Moon Ok pun di jatuhi hukuman mati. Moon Ok dulunya adalah seorang Prof. Musik di salah satu universitas.

Kang Yu Mi (Kang Hye Won) seorang perempuan yang hidupnya menjadi suram karena telah diperkosa ayah angkatnya. Yu Mi tidak sengaja memukul Ayah angkatnya saat ayahnya ingin memukulnya, pukulan tersebut mengakibatkan ayahnya meninggal. Yu Mi sendiri merupakan seorang perempuan yang ahli menyanyi.

Ji Hwa Ja (Jung Soo Young) masuk penjara karena berurusan dengan lintah darat. Ji Hwa Ja akhirnya harus berpisah dengan suami dan kedua anaknya.

Kang Yeon Sil (Park Jun Myeon) seorang perempuan yang bertubuh besar dan dulunya adalah seorang pegulat wanita, masuk penjara atas tuduhan telah membunuh pelatih Gulatnya yang telah menipunya. dirinya tidak sengaja membunuh pelatihnya.

Kong Na Yeong (Lee  Da Hee) seorang petugas polisi wanita yang baik hati dan selalu ramah dan membantu para narapidana, Na Yeong telang menganggap Jeong Hye, Moon Ok, Yu Mi, Hwa Ja, Yeon Sil, dan Min Woo sebagai keluarganya. tetapi dirinya merasa berat saat mendapat perintah membawa Moon Ok untuk diekseskusi.

Korean Movie Harmony sendiri menceritakan kehidupan para Tahanan Perempuan di penjara khusus perempuan. berbeda dengan pemahaman pemahaman tentang kehidupan penjara yang begitu keras, dalam film ini malah ditunjukan sisi Persahabatan, kekeluargaan antara para Narapidana.

Awal Sceen di mulai dari Hong Jeong Hye melahirkan anak laki laki yang di beri nama Min Woo. satu tahun kemudian, Min Woo berulang tahun. Hwa Ja, dan Yeon Sil mengumpulkan semua hadiah dari narapidana lainnya untuk Min Woo. sedangkan Na Yeong memberikan hadiah sebuah mainan piano untuk Min Woo. kehidupan Min Woo di penjara tidaklah suram, walaupun masih balita dan tinggal di dalam penjara tapi semua Napi sangat menyanginya.

Beberapa hari kemudian datang seorang Napi baru yang bernama Yu Mi. Yu Mi ditemapatkan satu sel dengan Jeong Hye, Moon Ok,  Hwa Ja dan Yeon Sil. Hwa Ja dan Yeon Sil meminta Yu Mi untuk memperkenalkan diri, tapi Yu Mi tidak memberikan respon jawaban dan bersikap dingin. Hwa Ja dan Yeon Sil pun naik darah, tapi lalu datanglah Min Woo yang tiba tiba memeluk Yu Mi. Yu Mi awalnya terkejut mendapatkan pelukan dari Min Woo, tapi entah kenapa Yu Mi mendorong Min Won hingga terjatuh. melihat anaknya diperlakukan seperti itu, Jeong Hye naik darah dan memukul Yu Mi sampai babak belur. akibatnya Yu Mi dan Jeong Hye dipindahkan ke sel lainya untuk sementara. saat setelah tak lama kemudian Na Yeong menceritakan kepada Jeong Hye kenapa Yu Mi bersikap seperti itu karena masih trauma akibat perlakuan ayah angkatnya. Akhirnya Jeong Hye memaklumi tidakan Yu Mi.

Lalu pada suatu ketika datanglah paduan suara untuk menghibur para narapidana. semua narapidana terhibur dengan acara tersebut, khususnya Jeong Hye yang melakukan Standing Applause. Jeong Hye menemukan ide hebat untuk melakukan perubahan dalam kehidupan di penjara yaitu membentuk sebuah paduan suara, perjuangan Jeong Hye untuk membentuk  paduan suara sangatlah sulit, pertama dia harus susah untuk mendapatkan izin dai kepala Lapas terutama senior Sipir kepala Bang. bukan hanya itu Jeong merayu Moon Ok untuk menjadi Konduktor, dan Yu Mi sebagai suara solprano. walaupun awalnya begitu sulit untuk membentuk suatu paduan suara, tapi perjuangan Jeong Hye membuahkan hasil yang baik. kepala penjara memberikan waktu 6 bulan untuk Jeong Hye, Moon Ok dan Yu Mi setuju ikut dalam Paduan Suara tersebut.

Moon Ok yang saat itu menyatakan sulit untuk melatih mereka ini akhirnya meminta Opsir Na Yeong untuk menjadi seorang pianist, dan Moon Ok menjadi Konduktor. Na Yeong awalnya tidak ingin menjadi pianist karena hobinya telah lama berhenti, tapi karena mendapatkan dukungan dari para napi akhirnya Na Yeong kembali lincah memainkan Piano. Jeong Hye yang setiap kali bernyanyi maka akan membuat Min Woo menangis, karen Jeong Hye mempunyai suara yang fals, tapi Yu Mi akhirnya membantu Jeong Hye untuk dapat bernyanyi dengan baik. 

6 Bulan kemudian waktu telah tiba, saat pertunjukan paduan suara di mulai para petinggi Penjara berkumpul untuk menonton paduan suara tersebut. tanpa di duga para Opsir, paduan suara ini menampilkan pertujukan yang memukau.

Permasalahan baru muncul ketika Min Woo tidak boleh lagi tinggal di penjara, Min Woo harus segera di adopsi. dengan sedihnya Jeong Hye harus merelakan anaknya di adopsi, suasana lapas pun menjadi sedih saat Min Woo tidak berada lagi di lapas. latihan paduan suara pun tetap dilakukan, tetapi Jeong Hye yang masih sedih membuat suasana menjadi sedih. latihan paduan saurapun tanpa diduga menyanyikan lagu lagu sedih. lalu salah satu seorang paduan suara menyerukan untuk menyanyikan lagu gembira dan menari, suasana kembali hangat para napi ikut menyanyi dan menari. Jeong Hye lalu dapat kembali tersenyum.

4 tahun kemudian, Na Yeong membawa kabar gembira kepada para paduan suara. Paduan  Suara mereka akan tampil di seoul. untuk tampil di acara tersebut para Napidana di bawa secara ketat, agar tidak melarikan diri dan tidak menimbulkan kekacauan. saat hendak tampil, sejumlah narapidana meminta untuk pergi ke toilet. saat di toilet ada seorang ibu yang tidak sengaja menjatuhkan cincin berliannya. para opsir polisi dari seoul lalu meminta para napi untuk keluar dari ruang ganti dengan tuduhan telah mencuri, karena mereka semua adalah narapidana jadi mereka di tuduh abis abisan oleh opsir dari seoul. Opsir seoul meminta seluruh Napi membuka pakaian mereka, menurut Na Yeong tindakan ini sungguh berlebihan dan melanggar Hak Asasi Manusia. gara gara ini juga penampilan mereka hampir dinyatakan batal. tapi untungnya datang Kepala Penjara yang akan bertanggung jawab atas masalah ini, dan ternyata cincin tersebut bukan para napi yang mencurinya. 

Akhirnya para Napi tampil di depan ratusan orang, penampilan mereka sangat memukau semua orang. semua tersentuh saat mendengar para Napi bernyanyi. kebahagian tidak hanya sampai di sini, tanpa di duga takdir mempertemukan Jeong Hye dengan Min woo yang telah besar. walaupun Min Woo tidak mengenalinya lagi, Jeong Hye merasa senang karena dapat memeluk Min Woo. tak hanya Jeong Hye yang berbahagia, Napi lainnya pun ikut berbahagia karena dapat bertemu dengan keluarga mereka. Moon Ok akhirnya dapa bertemu dengan anaknya, Yu Mi yang awalnya tidak ingin bertemu ibunya akhirnya memeluk ibunya, Hwa Ja bertemu dengan suami dan kedua anaknya, dan Yeon Sil akhirnya dapat memeluk laki laki yang dicintainya.

Klimaksanya adalah saat Kepala Penjara mendapatkan konfirmasi untuk segera mengeksekusi Moon Ok. Na Yeong tidak percaya, dirinya tertunduk lesu dan menangis. Na Yeong dan opsir Bang membawa Moon Ok untuk bertemu dengan keluarganya untuk terakhir kalinya. saat hari eksekusi datang, Na Yeong dan Opsir Bang menjemput Moon Ok di selnya. Moon Ok yang tahu hari itu akan datang telah mempersiapkan mentalnya. semuannya kaget, Jeong Hye, Yu Mi, Hwa Ja, Yeon Sil yang berada di sel menangis tiada henti. Moon Ok akhirnya di bawa Na Yeong dan opsir Bang sambil menangis. semua napi menahan air mata mereka, dari semua sel lainnya lalu menyanyi bersama sama dan menahan air mata mereka untuk menghantarkan Moon Ok untuk terakhir kalinya.

Well, film ini sangat berbeda dengan film film lainya yang setting ceritanya di penjara. di film ini kita akan dibuat tertawa dengan tingkah konyol Yeon Sil dan Hwa Ja. tak hanya itu di film ini mengutamakan sisi cerita dari keluarga. so jangan ragu buat nonton film ini, di jamin tidak akan menyesal. Admin memberikan nilai 90 untuk movie HARMONY. ~ Happy Watching ~ [R]

6 komentar:

  1. aku sampai nangis nonton film ini, recomended banget mengharukan,,

    BalasHapus
  2. judul lagunya apa aja ya ?

    BalasHapus
  3. Memang filem ini bener2 bagus banget, ceritanya ada lucu, kasian, haru dan sedih banget..

    BalasHapus
  4. film ini bikin kamarku penuh tisu, recomended :')

    BalasHapus
  5. Recomended banget filmnyaaa

    BalasHapus
  6. filmnya bagus banget,nonton nangis mulu.sayang bgt pas 5 menit mau abis kasetnya macet :'(

    BalasHapus