Halaman

Minggu, 29 Januari 2012

Dirty Carnival / Mean Street [Korean Movie]




Judul: Dirty Carnival/Mean Street (비열한 거리/Biyeolhan geori)
Rilis: 2006
Genre: Crime, Thriller, Action, Drama
Sutradara: Yu Ha
Penulis Skenario: Yu Ha
Pemain Utama:

Jo In-seong sebagai Byeong Doo
Nam Gung-Min sebagai Min Ho
Lee Bo-young sebagai Hyun Joo

Pemain Pendukung:
Jeon Ho-jin
Yoon Jae-Moon
Jin Ku
Lee Jong-hyeok
Kwon Tae-won
Kim Yun-Hee
Kim Byeong-chun

Kangen dengan Jo In Sung (Memories of Bali)? Film lawas ini bisa menjadi pilihan Memberdeul yang ingin melihat sisi akting yang berbeda dari seorang Jo In Sung. Kalian tidak akan menemukan Jo In Sung yang berpenampilan flamboyan seperti dalam Memories of Bali atau di film dan drama Jo In Sung lainnya. Yang akan kalian temukan adalah Jo In Sung dengan karakter kuat sebagai seorang gangster. Maka jangan heran jika dalam satu scene, kalian akan menemukan Jo In Sung memamerkan tato naga sepanjang bahu hingga ke perutnya. Wow, pemandangan langka yang tidak boleh kalian lewatkan! Well, let’s check the review!

Byeong Do (Jo In Sung) harus menjalani dua kehidupan sekaligus yakni sebagai anggota gangster juga sekaligus seorang anak laki-laki yang menjadi tulang punggung keluarganya. Sebagai seorang gangster, ia berada di bawah pimpinan Sang Chul (Yoon Jae Moon) yang bekerja untuk Presiden Hwang (Jeon Ho Jin). Akan tetapi, kehidupannya sebagai anggota gangster yang bertugas menagih hutang, tidak mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, terutama karena penyakit yang diderita ibunya. Berkali Byeong Do berusaha agar Sang Chul menaikkan upahnya menagih hutang, namun ditanggapi dingin. Sementara itu, Presiden Hwang  yang akan membuka bisnis perjudian terganjal oleh kasus hukum yang diajukan oleh Pengacara Park.

Di sisi lain, teman SD Byeong Do, Min Ho (Nam Gung Min) muncul dalam kehidupan Byeong Do secara tiba-tiba. Min Ho merupakan mahasiswa jurusan penyutradaraan yang berniat membuat film mengenai kehidupan gangster untuk tugas akhirnya. Min Ho yang dekat dengan beberapa detektif di kepolisian, mendapatkan referensi mengenai kehidupan gangster Byeong Do. Pertemuannya dengan Byeong Do ketika Byeong Do sedang menghadapi serangan anak buah kelompok gangster lain pun, tak disia-siakan Min Ho. Ia semakin yakin untuk menjadikan kehidupan Byeong Do sebagai objek filmnya. Maka ia terus berusaha agar Byeong Do yang masih menutupi kehidupan gangsternya bisa menerimanya dan mengajaknya masuk dalam kehidupan gangster. Berbagai cara dilakukan Min Ho agar bisa akrab dengan Byeong Do, salah satunya adalah mendekatkan kembali Byeong Do dengan Hyun Joo (Lee Bo Young), cinta pertamanya yang merupakan teman satu SD dengan mereka.

Kembali ke kehidupan gangsternya, Byeong Do terhimpit keadaan karena semakin parahnya penyakit ibunya. Presiden Hwang berulang kali mengeluhkan mengenai keberadaan Pengacara Park dan  tidak ditanggapi serius oleh Sang Chul. Melihat situasi tersebut serta didesak dengan keadaan, Byeong Do dengan tangan kanannya Jang So (Jin Ku) mengambil alih tugas tersebut tanpa sepengetahuan Sang Chul dengan janji bayaran tinggi dari Presiden Hwang. Mereka pun menghabisi Pengacara Park. Berita hilangnya Pengacara Park memunculkan kecurigaan Sang Chul. Ia mendapat kabar bahwa Byeong Do sudah menghabisi Pengacara Park. Mencium gelagat pengkhianatan, Sang Chul berniat menyingkirkan Byeong Do. Hal ini sudah tercium oleh Byeong Do. Ia yang mengambil alih anak buah Sang Chul merencanakan untuk menghabisi Sang Chul. Rencana itu berhasil dilakukan oleh Byeong Do usai pesta pernikahan anak Sang Chul.

Kehidupan Byeong Do yang di atas tidak serta merta membawa kebahagiaan baginya. Hyun Joo yang diidamkannya bertahun-tahun tidak menerima kehidupan Byeong Do yang mencari uang melalu dunia gangster. Ia pun tetap bersikeras mendekati Hyun Joo. Sementara itu, demi membalas kebaikan Min Ho, Byeong Do mempersilakan Min Ho melakukan penelitian untuk filmnya mengenai kehidupan gangsternya.

Konflik semakin memanas manakala tanpa disangka, film gangster yang dibuat Min Ho diterima di pasaran. Byeong Do menganggap film Min Ho membuka semua kehidupan gangsternya dan mengancam dirinya. Tidak terima dengan beredarnya film itu, Byeong Do justru berencana membunuh teman baiknya itu dan pergi meninggalkan Korea. Dari sinilah cerita tentang karma berlangsung, Jang So yang merupakan tangan kanan Byeong Do pun berniat membunuhnya demi merebut tempatnya. Byeong Do pun mengerti satu hal dari dunia gangster: tidak ada yang bisa menjadi pemenang selama pengkhianat selalu berkeliaran. Akankah rencana Byeong Do membunuh sahabatnya, Min Ho berhasil? Ataukah ia yang terlebih dahulu terbunuh oleh Jang So yang merupakan tangan kanannya? Lalu, bagaimana kisah cinta antara Byeong Do dan Hyun Joo selanjutnya?

Memberdeul, ending dari kmovie ini sangat jauh dari yang kita duga. Ada banyak kejutan di akhir cerita. Yoo Ha, sang sutradara sekaligus penulis scenario, mampu mematahkan alur pikir penonton mengenai film gangster. Perpaduan karakter yang dimainkan dengan apik oleh Jo In Sung sebagai Byeong Do  sebagai seorang gangster, namun sangat peduli terhadap keluarganya menjadi nilai lebih dari film gangster ini. Kalian akan melihat juga sisi yang berbeda dari kemampuan acting Jo In Sung. Dirty Carnival tidak hanya menyuguhkan adegan kekerasan yang menjadi ciri khas film bergenre action, tetapi juga memukau dengan alur penceritaannya yang smooth. Chemistry yang terjalin dengan baik antara Jo In Sung dan Nam Gung Min sebagai seorang sahabat juga menambah greget film ini ketika sampai pada konflik antara Byeong Do dan Min Ho. Nam Gung Min pun berhasil memerankan sosok sahabat yang ‘menikam’ sahabatnya sendiri demi kepentingan pribadi. Namun seperti film gangster lainnya, kalian harus tahan melihat banyak darah dan perkelahian antargangster dalam film ini. Tapi semua itu akan terbayar jika melihat kerennya acting Jo In Sung ketika berkelahi. 

Well, memberdeul, jika kalian penyuka kmovie bergenre action thriller, Dirty Carnival/Mean Street wajib menjadi koleksi kalian. Admin memberikan nilai 85 untuk film Dirty Carnival / Mean Street. Happy watching! [LA]

Credit: Vitamin [@NamGoongMinIND]
Editor: Admin R [@K_DramaIndo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar