Halaman

Senin, 06 Agustus 2012

Time Slip Dr. Jin [Korean Drama]


Judul: 닥터 진 / Dak-teo Jin
Judul lain: 타임슬립 닥터 진 / Time Slip Dr. Jin
Genre: Seaguk, Medis
Episode: 22
Penulis Skenario: Han Ji Hoon dan Jun Hyun Jin
Sutradara: Han Hee
Stasiun Penayangan: MBC
Waktu Penayangan: 26 Mei 2012 sampai dengan 11 Agustus 2012


Pemeran:


  • Song Seung Hun sebagai Jin Hyuk

    • Park Min Young sebagai Yoo Mi Na / Hong Young Rae

      • Kim Jae Joong sebagai Kim Kyung Tak

        • Lee Bum Soo sebagai Lee Ha Eung

          • Lee So Yeon sebagai Choon Hong

            • Jin Yi Han sebagai Hong Young Hwi

              • Kim Eung Soo sebagai Kim Byung Hee



                MBC kembali meramaikan dunia k-drama pada 2012 ini dengan menayangkan drama bertema perjalanan waktu (time slip) berjudul Time Slip Dr. Jin. Berbeda dengan drama bertema time slip lain yang mengutamakan kisah cinta seperti Operational Proposal, Rooftop Prince dan Queen In Hyun's Man, Time Slip Dr. Jin justru lebih mengutamakan cerita tentang dunia medis meski tetap terselip kisah cinta. Song Seung Hun yang berperan sebagai ahli bedah syaraf bernama Jin Hyuk harus mengalami perjalanan waktu ke masa joseon. Ia pun berjuang untuk membantu para pasien dengan keterbatasan alat pada masa itu. Park Min Young pun dipilih mendampingi Song Seung Hun untuk memerankan kekasihnya pada masa kini Yoo Min Na dan Young Rae di masa joseon. Tak ketinggalan, bagi JYJ fans, tidak boleh melewatkan akting memukau dari Kim Jae Joong yang berperan menjadi Kim Kyung Tak. Cerita yang apik dan kemampuan akting para pemain, membuat drama ini menarik. Terlebih cerita perjuangan Jin Hyuk mengatasi penyakit pasien dengan segala keterbatasan menjadi hal yang membuat drama ini berbeda dengan drama bergenre medis lainnya.


                Jin Hyuk (Song Seung Hun) adalah seorang ahli bedah syaraf yang profesional dan mampu mengatasi kondisi pasien yang ditanganinya seburuk apapun. Kemampuan diagnosa dan analisisnya terhadap gejala  yang dialami pasien membuat kesuksesan mengoperasi pasien hampir mencapai 100%. Ia pun berhasil mengeluarkan tumor yang menyerupai janin bayi yang bersemayam di otak si pasien. Ia pun menyimpan tumor tersebut di kantornya. Sayangnya, Jin Hyuk termasuk orang yang kurang peka dan tidak peduli pada sekitar. Berbeda halnya dengan kekasihnya, Yoo Mi Na (Park Min Young) yang juga merupakan ahli bedah syaraf, namun masih aktif dalam kegiatan sosial dengan mengadakan pengobatan gratis. 

                Pada hari ulangtahunnya, Jin Hyuk berniat melamar Mi Na, sayangnya sesudah makan malam dan berbincang, Mi Na pun tertidur. Dalam pembicaraan mereka, Mi Na sempat mengumpamakan mengenai dunia lain di mana mereka hidup sebagai pribadi yang berbeda. Akan tetapi, Jin Hyuk hanya menganggap Mi Na berandai-andai saja. Keesokan harinya ketika Mi Na sedang bertugas di tempat kegiatan sosialnya, ayah salah seorang pasien mendadak pingsan. Mi Na pun membawa pasien tersebut ke RS, tempatnya dan Jin Hyuk bekerja. Jin Hyuk yang bertugas saat itu mendiagnosa bahwa pasien tersebut tidak bisa ditolong, sementara Mi Na bersikukuh Jin Hyuk harus mengoperasinya. Mereka pun bertengkar hebat hingga akhirnya Mi Na pergi dengan menggunakan mobilnya. Jin Hyuk yang mencoba mengejarnya justru menemukan kenyataan di depan matanya, Mi Na harus mengalami kecelakaan. Ia pun berusaha keras untuk menolong kekasihnya tersebut. Pada saat menjelang ambang sadar, Mi Na pun berharap mereka akan bertemu lagi di dunia yang berbeda. 

                Usai mengoperasi Mi Na, Jin Hyuk pun menenangkan dirinya di atap. Pada saat itulah, pasien yang ia tangani dengan tumor di otaknya hendak melarikan diri sambil membawa tas yang berisi alat operasi dan obat-obatan serta tabung berisi tumor yang menyerupai janin bayi tersebut. Ia merebut tas pasien dan menyelamatkan pasien yang terlihat hendak bunuh diri dengan melompat dari atap RS itu. Pasien itu terus berujar, "saya harus kembali!". Begitu merebut barang yang dibawa sang pasien, ia justru terdorong jatuh dan begitu sadar ia menemukan dirinya di sebuah daerah yang tidak dikenalnya. Karena pakaiannya yang berbeda, Jin Hyuk hampir saja ditangkap oleh polisi masa joseon yang dipimpin oleh Kim Kyung Tak (Kim Jae Joong), namun ia berhasil melarikan diri dan hampir jatuh ke jurang, sebelum diselamatkan oleh Lee Ha Eung (Lee Bum Soo). Hingga pagi tiba, Jin Hyuk baru menyadari bahwa ia 'terlempar' ke masa 300 tahun lalu; masa dinasti joseon. Lee Ha Eung yang sebenarnya adalah bangsawan dan saudara Kaisar yang terbuang memanfaatkan Jin Hyuk yang tak mengerti apa-apa. Ha Eung meminta bayaran pada Jin Hyuk karena menganggap ia sudah menyelamatkan Jin Hyuk. Namun Jin Hyuk tidak memiliki apa-apa. Jin Hyuk pun menjadi buronan karena ia melarikan diri ketika ditanya mengenai identitasnya oleh Kim Kyung Tak. Ha Eung hendak menyerahkan Jin Hyuk kepada kepolisian yang menghargainya sebesar 100 nyang (mata uang joseon). Namun Ha Eung menawarkan lebih dulu Jin Hyuk kepada rentenir Joo Pal. Pada saat itulah, pengalaman Jin Hyuk sebagai dokter di masa joseon dimulai. Joo Pal yang tersedak dan hampir meninggal tersebut, terselamatkan ketika Jin Hyuk yang mengambil tindakan ekstrem dengan melubangi kerongkongan Joo Pal dan meniupnya.


                Atas jasanya, Jin Hyuk pun berhasil melarikan diri kejaran polisi dengan bantuan Joo Pal dan Ha Eung. Tanpa sengaja, ia pun bertemu dengan Young Rae (Park Min Young), reinkarnasi Mi Na yang merupakan putri bangsawan Hong yang sempat mengalami kebangkrutan. Young Rae juga merupakan cinta pertama dan tunangan dari Kim Kyung Tak.  Jin Hyuk yang bingung mau kemana akhirnya bertemu dengan Young Hwi (Jin Yi Han), kakak Young Rae, yang terluka di bagian kepala akibat sabetan pedang. Young Hwi merupakan pemimpin gangster Mumyunggae yang mencuri dari rumah para bangsawan dan memberikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Ia pun mengantarkan Young Hwi yang terluka parah hingga ke rumahnya. Di sana, Jin Hyuk bertemu dengan Young Rae. Keadaan Young Hwi yang parah memaksanya untuk melakukan operasi. Jin Hyuk pun memanfaatkan alat seadanya dan memulai operasi otak pertama pada masa dinasti joseon. Sayangnya, Young Rae yang curiga justru melaporkannya ke Kepolisian hingga usai melakukan operasi, Jin Hyuk pun dijebloskan ke dalam penjara oleh Kyung Tak.

                Di penjara itu pula ia kembali bertemu dengan Lee Ha Eung, pada akhirnya Jin Hyuk mengetahui bahwa Ha Eung akan menjadi ayah kaisar Joseon berikutnya. Dari situlah, tanpa ia sadari perlahan, namun pasti dirinya akan mengubah sejarah joseon. Karena laporan Young Rae dan status buronannya, Jin Hyuk pun dijatuhkan hukuman gantung. Akan tetapi, sebelum hukuman itu dilakukan, Young Hwi pun sadar dan berusaha mencegah hukuman Jin Hyuk, sayangnya Perdana Menteri Kim Byung Hee (Kim Eung Soo) tetap bersikeras. Tapi tiba-tiba ia tidak sadarkan diri dan Dokter Istana hanya mendiagnosa sebagai sakit kepala biasa. Jin Hyuk bersikeras Perdana Menteri mengidap hematoma yang disebabkan pecahnya pembuluh darah di otak. Ia pun bersikeras bisa menyelamatkan Perdana Menteri di hadapan Kyung Tak yang notabene merupakan anak dari selir Perdana Menteri. Di bawah todongan senjata Kyung Tak, Jin Hyuk dengan bantuan Young Rae pun berhasil melakukan operasi dan menyelamatkan nyawa Perdana Menteri. Tak hanya itu, Jin Hyuk pun berhasil menyelamatkan nyawa Choon Hong (Lee So Yeon), wanita penghibur kesayangan Perdana Menteri. Sesungguhnya Choon Hong menyimpan rahasia  tentang masa depan Jin Hyuk dan tujuan perjalanan waktu yang dialami Jin Hyuk, namun ia tidak banyak berbicara dan hanya berusaha melindungi Jin Hyuk.

                Perjalanan Jin Hyuk pun tidak berhenti. Ia berhasil mengobati pasien kolera yang sebenarnya dalam sejarah Joseon mematikan 10.000 jiwa pada masa itu. Jin Hyuk pun berhasil menyelamatkan nyawa putra Ha Eung yang merupakan calon Kaisar Joseon, Myeong Bok. Tak hanya itu, Jin Hyuk pun berhasil membuat penicilin yang seharusnya dibuat 68 tahun setelah masa Joseon tersebut. Hal itu karena sahabat Choon Hong, Kye-Hyang mengidap sefilis yang dibawanya oleh pedagang dari barat. Kye Hyang ternyata dijual oleh Kim Dae Hyun, kakak Kim Kyung Tak dari istri sah Perdana Menteri, dengan bayaran emas. Akan tetapi, belum sembuh benar, Kye Hyang justru ditangkap dan dituduh melakukan hubungan dengan orang barat. Pada akhirnya, Kye Hyang yang tahu sebenarnya bahwa ia dipergunakan oleh Perdana Menteri untuk menjebak Ha Eung yang berambisi menjadikan Myeong Bok sebagai kaisar berikutnya, memutuskan untuk bunuh diri. Kematian Kye Hyang membuat Ha Eung semakin berambisi menghancurkan keluarga Perdana Menteri serta menjadikan Myeong Bok sebagai kaisar. 

                Sementara itu, Young Rae yang merupakan tunangan Kyung Tak justru merasakan perasaan berbeda terhadap Jin Hyuk. Ia pun meminta agar pertunangannya dengan Kyung Tak dibatalkan. Kyung Tak tidak menerima hal ini dan menyatakan akan tetap menunggu Young Rae. Sedangkan Jin Hyuk setiap kali bersama Young Rae selalu teringat pada Mi Na yang sedang koma di masa kini. Konflik ini terus berlanjut ketika Ibu Young Rae meminta agar pernikahan Kyung Tak dan Young Rae dipercepat. Ia pun mengusir Jin Hyuk yang selama ini tinggal bersama di kediamannya. Jin Hyuk pun memilih untuk tinggal di klinik yang ia bangun bersama Dokter Huh yang membantunya dalam menangani pasien kolera yang dikucilkan. Dari situlah kehebatan Jin Hyuk sebagai dokter mulai tersebar, ia pun berhasil mengobati sepupu Ibu Suri yang mengidap tumor pada kelenjar tiroidnya. 

                Kemampuan Jin Hyuk ini dimanfaatkan Ha Eung untuk mengambil posisi di keluarga kerajaan. Usai mengobati sepupu Ibu Suri, Jin Hyuk berhasil mengobati badut kerajaan yang menjadi kesayangan Ibu Suri. Ha Eung memanfaatkan posisi Jin Hyuk untuk meraih simpati Ibu Suri untuk melenggangkan rencananya. Ia pun berinisiatif merayakan ulang tahun Ibu SUri yang berakibat pada adanya upaya pembunuhan terhadap Ibu Suri dengan memberi racun. PErdana Menteri Kim Byung Hee memfitnah Ha Eung-lah yang melakukan upaya tersebut. Hal ini menyeret Jin Hyuk dan Young Rae yang memberikan hadiah berupa donat yang bisa mengobati penyakit beri-beri kepada Ibu Suri. Mereka pun dihadapkan pada hukuman gantung. Melihat perempuan yang dicintainya dalam keadaan bahaya Kyung Tak pun berusaha mencari tahu kebenaran dan menemukan bahwa ayahnyalah, Kim Byung Hee, yang menmerintahkan untuk meracuni Ibu Suri. Kyung Tak membunuh pelayan istana yang ditugaskan ayahnya memberi racun dan memberikan barang bukti kepada istana. Young Rae dan Jin Hyuk pun selamat sementara Ha Eung diasingkan dan selanjutnya diperintahkan untuk membunuh dirinya dengan meminum racun. Dari sinilah, Choon Hong membuka rahasia, setiap kali Jin Hyuk menyelamatkan seseorang yang harusnya meninggal di Joseon, maka ia secara tidak langsung telah mengubah sejarah yang dia pelajari di masa kini. Ha Eung pun diselamatkan oleh Ibu Suri. Kebaikan Ibu SUri pun dimanfaatkan Ha Eung  untuk menempatkan Myeong Bok sebagai kaisar Joseon berikutnya.

                Karena permainan politik antara Ha Eung dan Perdana Menteri Kim Byung Hee yang sama-sama ingin merebut kekuasaan kaisar yang sedang sakit-sakitan, akhirnya Jin Hyuk pun menjadi dokter istana. Ia pun sempat melakukan operasi usus buntu terhadap kaisar. Meski kaisar sembuh sementara dan melenggangkan upaya Ha Eung untuk membuat Myeong Bok sebagai anak adopsi Ibu Suri, tak berapa lama kaisar pun meninggal. Myeong Bok pun resmi menjadi kaisar pengganti. Kehebatan Jin Hyuk pun terus dimanfaatkan Ha Eung untuk menguasai kondisi politik joseon. JIn Hyuk tak berkeberatan asalkan Ha Eung menepati janjinya untuk melindungi umat kristen yang pada masa itu masih dianggap sebagai agama yang dilarang negara. Jin Hyuk melakukan hal tersebut karena Young Rae menganut agama kristen secara diam-diam. Semakin lama Jin Hyuk pun menyimpulkan kedatangannya pada masa joseon untuk menyelamatkan Young Rae. Jika Young Rae pada masa joseon meninggal, maka Mi Na yang koma di masa sekarang pun juga akan meninggal. 

                Tak hanya Jin Hyuk, demi menyelamatkan Young Rae, Kyung Tak pun akhirnya memilih bersekutu dengan Young Hwi--sahabatnya sendiri--dan menjadi mata-mata Ha Eung yang mengawasi ayahnya sendiri. Akan tetapi, tidak sepenuhnya Kyung Tak membelot dari ayah yang sangat dihormatinya itu. Sementara itu, Jin Hyuk dalam upayanya menyelamatkan Young Rae justru mengubah sejarah Joseon. Hal ini berefek pada timbulnya sakit kepala yang dideritanya. Choon Hong menjelaskan sakit kepala itu berasal dari tumor yang bersemayam dalam setiap otak para pelintas waktu seperti Jin Hyuk dan dirinya. Akankah Jin Hyuk berhasil mengatasi tumor di kepalanya dan kembali ke masa sekarang? Lantas, bagaimanakah nasib Young Rae dan Mi Na? Akankah Jin Hyuk bisa menyelamatkan keduanya? Lalu, kepada siapakah Kyung Tak akan berpihak? Sekadar bocoran bagi Memberdeul, Choon Hong di episode-episode terakhir meninggal demi melindungi Jin Hyuk yang ternyata dicintainya. Sebelum meninggal ia memberitahu hal penting kepada Jin Hyuk. Apakah rahasia tersebut? Nah, Memberdeul harus menyaksikannya sendiri.

                Memberdeul, Time Slip Dr. Jin yang diangkat dari manga berjudul "Jin" karya Motoka Murakami ini memiliki sedikit kerumitan konflik. Hal ini karena konflik yang timbul bukan hanya seputar kisah cinta segitiga antara Jin Hyuk, Young Rae dan Kyung Tak, tetapi juga konflik antartokoh yang terkait erat dan tidak bisa terpisahkan, seperti konflik Ha Eung dengan Perdana Menteri Kim Byung Hee, Young Hwi dengan Kyung Tak hingga Kyung Tak dengan ayahnya sendiri. Kerumitan konflik ini menjadi kunci menariknya drama yang menggantikan drama "Feast of The Gods" tersebut. Selain itu, Time Slip Dr. Jin mampu mencampur pengetahuan tentang dunia medis dan sejarah ke dalam suatu tayangan yang apik dan menarik. Meski terbilang drama yang berat, Time Slip Dr. Jin menjadi drama wajib jika kalian kangen dengan akting SOng Seung Hun, Park Min Young dan Kim Jae Joong. Harus diakui, Jae Joong mengalami perkembangan dalam dunia akting yang cukup pesat. Pada akhirnya, kalian justru akan merasa kasihan pada sosok Kyung Tak dibandingkan kepada Jin Hyuk sebagai tokoh utama. Oleh karena itulah, penulis skenario drama ini, 
                Han Ji Hoon dan Jun Hyun Jin meletakkan kunci ending drama ini pada keputusan Kyung Tak. Memberdeul penasaran dengan drama ini? Maka jangan lupa masukan dalam list tontonan kalian. Oh iya, jika kalian pernah menonton drama "Brain", maka untuk setiap scene operasi ini terasa lebih vulgar dalam drama ini dan terasa nyata dibandingkan "Brain". Jadi, bersiaplah untuk mual, Memberdeul! Hahahaha...

                Secara keseluruhan, baik karakter, plot dan cerita, Time Slip Dr. Jin memperoleh nilai 85. Well, happy watching, Memberdeul!

                Download OST Here


                1. Living Like a Dream - Kim Jae Jong (JYJ) [download
                2. Will You Come - Zia [
                download
                3. The Road of Tears - 2AM (Chang Min & Seulong) [
                download]
                4. Last Love - Song Seung Hun 
                [download]
                5. Now and forever - Ock ju-hyun [
                download]
                6. Saddle The Wind - Lee Bum Soo [
                download]


                Credit: Lulu Nam (@LfurLuLu)

                Editor: R (@Kim_Ta_Vo)

                1 komentar: